Danrem Antasari Ingatkan Kesigapan Penanganan Bencana dan Pengamanan PSU

Danrem Antasari Ingatkan Kesigapan Penanganan Bencana dan Pengamanan PSU

Editor : Almin Hatta

BANJARMASIN – Apel Komandan Satuan (Dansat) Tersebar Kodam Vl/Mulawarman, kembali digelar di masing-masing wilayah.

Untuk Kalimantan Selatan (Kalsel), telah digelar dua hari berturut-turut. Yakni pada 25 dan 26 Maret 2021 bertempat  di Mahligai Pancasila Banjarmasin, dan telah secara resmi ditutup oleh Kasdam Vl/Mlw Brigjen TNI Tri Nugraha Hartanta. 

Pangdam Vl/Mlw, yang diwakili Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Tri Nugraha Hartanta, dalam sambutannya antara lain mengatakan, apel Dansat ini merupakan salah satu cara meningkatkan integritas sekaligus profesionalisme prajurit TNI. 

“Kegiatan Apel Dansat ini dilaksanakan guna lebih meningkatkan integritas dalam mewujudkan profesionalisme prajurit, seiring dengan pesatnya arus globalisasi, perkembangan lingkungan strategis, dan kompleksitas tugas yang dihadapi di wilayah Kodam VI/Mulawarman,” katanya.

Dengan berakhirnya Apel Dansat Tersebar Kodam VI/Mlw TA 2021 ini, Pangdam Vl/Mlw menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara yang telah bekerja secara optimal, sehingga Apel Komandan Satuan Tersebar dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

Sementara itu, Danrem 101/Antasari Banjarmasin, Brigjen TNI Firmansyah, dalam pengarahannya kepada para Dansat menyampaikan beberapa penekanan. Antara lain, penanganan banjir yang terjadi di Kalsel perlu diperhatikan lebih lanjut, karena masih banyak daerah terisolir yang belum tersentuh.

“Bencana banjir yang melanda hampir di seluruh wilayah Kalsel, menjadi pembelajaran bagi kita bersama. Apabila nanti terjadi lagi, maka yang menjadi prioritas adalah daerah terisolir, daerah yang terputus jaringan perhubungan, dan daerah yang belum tersentuh bantuan,”ucapnya.

Danrem juga menekankan operasi penegakan protokol kesehatan. Pasalnya, dua bulan terahir ini kasus Covid-19 mengalami peningkatan, dan yang menjadi gerbang penularan adalah kota Banjarmasin dan Banjarbaru.

“Prajurit jajaran Korem 101/Antasari telah melaksanakan vaksin. Meski demikian, kepada masyarakat diingatkan bahwa yang sudah divaksin masih bisa terkena Covid-19. Jadi, obat yang mujarab untuk penanganan Covid adalah menerapkan 3M,” sebutnya. 

Selanjutnya, Danrem mengingatkan soal penanggulangan Karhutla, agar masing-masing satuan menyiapkan sarana dan prasarana. Serta memetakan daerah mana yang rawan Karhutla untuk menjadi perhatian khusus.

Danrem juga menyoroti pengamanan menjelang pemungutan suara ulang (PSU) yang digelar di tiga wilayah di Kalimantan Selatan. 

“Pasca Pilkada, terdapat 3 gugatan MK untuk wilayah Kalsel. Akan tetapi untuk Kotabaru sudah selesai, sehingga tinggal menunggu pemilihan ulang Walikota Banjarmasin dan pemilihan ulang Gubernur Kalsel. Untuk itu kita menjaga keamanan dan ketertiban jalannya Pilkada ulang, sehingga dalam pemilihan nantinya dapat berjalan aman dan lancer. Untuk saat ini secara umum kondisi wilayah Kalsel masih aman dan kondusif, namun tetap jaga keamanan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan Apel Dansat di wilayah Kalsel diikuti oleh Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Tri Nugraha Hartanta, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah, Danrindam VI/Mulawarman Kolonel Inf Andree Saputro, Para Kasi Korem 101/Antasari, para Dandim dan Danyonif jajaran Korem 101/Ant, serta Para Dansat yang ada di wilayah Kalimantan Selatan.[]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.