Disperindag Banjarmasin Gelar Operasi Pasar Gas Melon di 8 Titik

  • Whatsapp
Disperindag Banjarmasin Gelar Operasi Pasar Gas Melon di 8 Titik

Editor : Almin Hatta

BANJARMASIN – Antisifasi naiknya harga gas LPG di pasaran sebagai dampak banjir, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Banjarmasin menggelar operasi pasar di beberapa kelurahan.

Kabid Pasar dan Plt Kabid Perdagangan Disperindag Banjarmasin, Ichrom M Tezar, mengatakan, operasi pasar kali ini terkait naiknya harga LPG 3 kg (melon) selama banjir.

“Kita berkoordinasi dengan Pertamina terkait operasi pasar kali ini, khususnya mengenai gas yang harganya mengalami kenaikan,” ucapnya, Selasa (26/1/2021).

Untuk itu, papar Ichrom, operasi pasar nantinya adalah terkait penjualan LPG 3 kg dengan harga standar. Yakni Rp17.500, di 6 kelurahan.

Adapun kawasan tersebut, lanjut Ichron, adalah kawasan terdampak banjir seperti Murung Raya, Karang Mekar, Sungai Andai, Kampung Gedang, Pemurus Baru, Teluk Dalam, dan Kuin Utara.

“Hal tersebut kita lakukan karena di pasaran harga gas 3kg sudah mencapai Rp45 ribu sampai Rp60 ribu. Harga tersebut jelas terlalu tinggi, sementara pasokan untuk Banjarmasin masih mencukupi,” tegasnya.

Untuk itu, pihaknya mengusulkan ke Pertamina untuk operasi pasar, dan sementara ada di 8 titik dan 4 kecamatan terdampak banjir di Banjarmasin, dan itu disetujui semua oleh Pertamina.

“Kalau masih diperlukan, operasi pasar ini akan kita lanjutkan lagi,” ujarnya.

Sementara penyebab harga LPG 3 kg naik, menurutnya, bukan karena stok habis. Melainkan lantaran akses pendistribusian yang terkendala.

“Distribusi cukup terhambat, khususnya di daerah banjir. Makanya kita gelar operasi pasar ini,” jelasnya.[]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.