Pj Gubernur Kalsel: PSU Pilgub Berjalan Lancar 

  • Whatsapp

Editor : Almin Hatta

BANJARMASIN – Tujuh kecamatan di tiga kabupaten/kota serentak melaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Selatan (Kalsel), Rabu (9/6/2021). 

PSU digelar di 827 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin, dan Kota Banjarmasin. PSU ini digelar berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 124/PHP.GUB-XIX/2021.

Bacaan Lainnya

Sehubungan dengan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Kalsel menetapkan libur bagi daerah yang melaksanakan PSU. 


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalsel, Sarmuji, menyatakan, semua daerah yang melaksanakan PSU rawan. Oleh karena itu telah disiagakan lebih dari 2.000 personil TNI-Polri untuk pengamanan pelaksanaannya.

“Karena juga digelar dalam kondisi pandemi, maka penerapan protokol kesehatan yang ketat jadi perhatian lebih,” katanya, Rabu (9/6/2021). 

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Kalsel 2020 ini paslon nomor urut 1 H Sahbirin Noor – H Muhidin, dan paslon nomor urut 2 Prof H Denny Indrayana – H Difriadi Derajat.

PSU Pilgub Kalsel di wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin, juga dilaksanakan. Sejumlah warga yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) beramai-ramai menggunakan hak pilihnya dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Tak ketinggalan Walikota Banjarmasin terpilih di pilkada Kota Banjarmasin 2020, H Ibnu Sina, menunaikan hak pilihnya di TPS 02 Kelurahan Pemurus Dalam, Banjarmasin Selatan. Sekitar pukul 09.25 Wita, H Ibnu Sina dan isterinya Hj Siti Wasilah serta putranya Jundi, tiba di TPS 02 yang lokasinya tidak jauh dari kediaman pribadi Ibnu Sina.

Kedatangan H Ibnu Sina beserta Isteri dan putranya, disambut hangat oleh petugas KPPS di sana. Bahkan, secara kebetulan perwakilan dari Bawaslu RI dan Bawaslu Kota Banjarmasin, ikut menyaksikan proses penyoblosan tersebut. Tak berapa lama, kurang dari 5 menit, Ibnu Sina dan isteri serta putra mereka, selesai melakukan penyoblosan di bilik suara.

Selama berada di TPS, tahapan penyoblosan hingga berakhir dengan pemberian tinta, dilakukan H Ibnu Sina dan keluarga dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel dan KPU RI bersama jajaran Forkopimda memantau secara langsung pelaksanaan PSU Pilgub Kalsel ini di TPS 07 Kelurahan Pemurus Dalam, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Selain mengecek langsung proses pemungutan suara ulang, Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA juga meninjau penerapan protokol kesehatan di TPS 07.

“Dari representasi di TPS ini, pemilihan dan pencoblosan berjalan lancar, dan protokol kesehatan (prokes) juga dipatuhi dengan baik, begitu juga dengan petugas TPS,” kata Safrizal.

Selain itu, pihaknya mengimbau masyarakat untuk melihat hasil penghitungan suara melalui streaming yang disiarkan oleh berbagai media.

Tak hanya itu, sebelumnya, Pj Walikota Banjarmasin dan Bawaslu RI juga meninjau TPS tersebut.

Ada sebanyak 409 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 07 Kelurahan Pemurus Dalam, Kecamatan Banjarmasin Selatan, dan 42 TPS yang tersebar di Kecamatan Banjarmasin Selatan.[]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *