Bupati Tanbu Apresiasi Usulan Kades dalam Silaturahmi di Kusan Hulu

Bupati Tanbu Apresiasi Usulan Kades dalam Silaturahmi di Kusan Hulu

Editor : Almin Hatta

BATULICIN – Kunjungan Bupati Tanbu, dr HM Zairullah Azhar, dalam rangka silaturahmi dan rapat koordinasi Sinergitas dan Percepatan Pembangunan Desa, tentu tak disiasiakan oleh Kepala Desa di bawah Pemerintahan Kecamatan Kusan Hulu.

Dalam acara pertemuan yang dipandu Camat Kusan Hulu, Drs H Herlambang itu, Bupati Zairullah mendengarkan langsung berbagai paparan permasalahan di wilayah tersebut.

Berbagai usulan itu, mulai dari kondisi banjir, penanganan Covid, hingga perbaikan rumah warga yang terdampak banjir. Juga persoalan stunting.

 

Bupati Zairullah menyatakan bangga dengan paparan pada Kepala Desa tersebut. Menurutnya, semua itu menunjukkan adanya sebuah tanggung jawab, dan mengerti persoalan wilayahnya.

“Makanya, hari ini kami ingin mengenal lebih jauh tentang bagaimana karakter dan kapasity, equality, para Kepala Desa, dan akhirnya terjawab. Sehingga membuat saya bangga melihat tampilan para Kepala Desa, dan ini sangat luar biasa,” katanya, dalam pertemuan di Desa Binawara, Senin (20/09/2021).

Namun demikian, apa yang dipaparkan pada Kepala Desa tidak langsung dijawab oleh Bupati Zairullah. Ia menyebutkan, sebuah tim akan turun langsung ke desa.

“Nanti di desa akan ada pertemuan khusus yang dihadiri para kepala Dinas yang terbagi dan beberapa tim. Dalam pertemuan nanti akan dipertajam apa yang menjadi persoalan kita,” ujarnya.

Bupati Zairullah menjelaskan, apa yang sudah diputuskan di Musrenbang 2022 sudah tidak masalah. Tapi yang menjadi persoalan adalah hal-hal yang tak masuk dalam Musrenbang, namun ada hal yang mendesak dan tentu harus dicarikan jalan keluarnya.

Beberapa hari terakhir ini, papar Zairullah, pihaknya di Kabupaten selalu membuat analisisa dan kajian tentang apa yang bisa dilakukan buat mendorong dan membantu meringankan tugas dan tanggung jawab para Kepala Desa .

“Oleh sebab itu, apa yang disampaikan tadi, soal PJU yang sudah kita bahas, tinggal bagaimana nanti anggarannya. Sementara Parkimtan dan PU saat ini sedang menggarap, termasuk masalah  jalan antar lingkungan antar Desa, antar RT, nanti akan kita lihat,” ucapnya.

Sementara itu, usai Rakor di Kusan Hulu, berlanjut di hari yang sama dengan Rakor serupa di Kecamatan Kusan Tengah, yang turut dihadiri sejumlah Kepala Desa setempat dengan ragam usulan yang berbeda.(win)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.