PUPRPerkim Bartim Sosialisasi Kegiatan P3ND

TAMIYANGLAYANG – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPerkim) Kabupaten Barito Timur (Bartim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), menggelar kegiatan sosialiasi dan implementasi Pusat Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3ND), Pengelolaan Katalog, dan Strategi Pekerjaan Konstruksi, di Aula BKDSDM, Tamianglayang, Senin (18/9/2023).

“Kegiatan ini berdasarkan program yang sudah ada di Bidang Tata Ruang dan Bina Konstruksi Dinas PUPRPerkim Bartim Tahun Anggaran 2023, dengan tujuan penyelenggaraan pelatihan tenaga terampil konstruksi,” kata Kabid Tata Ruang dan Bina Konstruksi PUPRPerkim Bartim, Era Samola.

“Kita terus berupaya memajukan sektor jasa konstruksi di wilayah Kabupaten Bartim. Untuk itu  Dinas PU Kabupaten Bartim menggelar kegiatan sosialisasi yang fokus pada implementasi P3DN dan pengelolaan katalog. Serta strategi pelaksanaan E-Purchasing pekerjaan konstruksi yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2023,” katanya.

Era Samola, atas nama Kepala Dinas PU Bartim Jumail J Paladuk, menekankan pentingnya peran strategis jasa konstruksi dalam pembangunan nasional. Terutama dalam rangka meningkatkan kualitas infrastruktur di seluruh Indonesia. 

Selain itu, Era Samola juga menekankan pentingnya Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam pengadaan barang dan jasa untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

“Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan dorongan signifikan bagi sektor jasa konstruksi, serta meningkatkan kerjasama antara pemerintah dan stakeholders terkait,” ujarnya.

Sebagai hasilnya, diharapkan pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa tidak hanya akuntabel. Tetapi juga dapat mendukung program pemerintah dalam mengoptimalkan pemanfaatan produk dalam negeri.

Kegiatan ini dihadiri 50 orang, terdiri dari anggota asosiasi, ASN, dan dinas terkait. Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah agar peserta dapat memahami tata cara E-Purchasing dengan baik. Serta mampu menerapkan P3DN dan TKDN dalam pengadaan barang/jasa.

Peserta akan diajak mengenal lebih dalam tentang penerapan E-Purchasing yang efisien dan akuntabel. Mereka juga akan diberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya menggunakan produk dan jasa dalam negeri, untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.[]

Gazali Rahman 18/9/ 2023.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.