Pj Bupati Bartim Serukan Pengawasan Profesional pada Pemilu 2024

TAMIYANGLAYANG – Pj Bupati Barito Timur (Bartim), Indra Gunawan, menyerukan kepada Pengawas Pemilu di Kabupaten Bartim untuk selalu profesional dalam bekerja. 

Selain itu, Indra Gunawan juga minta jajaran Bawaslu Bartim melakukan pengawasan seluruh tingkatan. Sehingga dapat melakukan langkah pencegahan dan menekan potensi terjadinya pelanggaran.

“Suksesnya pelaksanaan Pemilu bukan hanya tanggung jawab penyelenggara Pemilu saja, tetapi juga merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat. Oleh karena itu, seluruh unsur dapat mengawal bersama untuk menjaga kondusivitas wilayah, khususnya di Barito Timur,” katanya, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten I Setda Bartim, Ari Panan P Lelu, pada Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024 di halaman Kantor Bupati Bartim, Sabtu (10/2/2024).

Menurut Indra Gunawan, Apel Siaga ini adalah tanda persiapan untuk mendukung dan menyukseskan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Tinggal menghitung hari. Saat ini konstelasi dan suhu politik pun semakin meningkat. Fungsi pengawasan menempati posisi yang sangat penting dan strategis dalam setiap tahapan Pemilu,” ujarnya.

Pj Bupati Bartim juga mengimbau semua pihak, terutama penyelenggara Pemilu, agar menjaga kesehatan, mengingat tahapan demi tahapan akan menguras tenaga, baik fisik maupun mental. 

“Mari ciptakan Pemilu yang damai dan kondusif, berkualitas, berintegritas, dan menjaga netralitas kita. Serta merapatkan barisan untuk memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Barito Timur tercinta ini,” imbuhnya.

Indra Gunawan berpesan kepada para pengawas di Kabupaten Bartim untuk tetap komitmen melakukan pengawasan dengan sungguh-sungguh, penuh kedisiplinan dan rasa tanggung jawab yang tinggi, demi berlangsungnya penyelenggaraan pemilu yang adil, demokratis dan damai di Kabupaten Bartim.

Ia juga menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten Bartim, mengapresiasi terselenggaranya Apel Siaga ini. 

“Apel Siaga ini sebagai bentuk kesiapan kita dalam pengawasan setiap tahapan Pemilu. Serta upaya mewujudkan Pemilu 2024 yang berintergritas, jujur, dan adil,” katanya. 

Untuk mencegah dan mempersempit ruang terjadinya kerawanan Pemilu, papar Indra Gunawan, dibutuhkan sinergi dan kolaborasi. Mulai dari unsur pemerintah, penyelenggara Pemilu, aparat keamanan, dan masyarakat. Serta kondusifitas Kabupaten Bartim yang baik ini terus dipertahankan.[] 

 

Gazali Rahman 10/2/ 2024.(zp).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.