KPPN Banjarmasin Temui PJ Bupati Batola, Bahas Dana Transfer ke Daerah 

BANJARMASIN – Kepala KPPN Banjarmasin, Tri Ananto Putro melakukan audiensi dengan Pj Bupati Barito Kuala, Mujiyat di Rumah Dinas Bupati Barito Kuala di Marabahan, Senin (19/2).

Dalam kunjungan tersebut, Tri menyampaikan beberapa poin penting terkait dengan kinerja pengelolaan APBN di wilayah Kabupaten Barito Kuala, termasuk pengelolaan Dana Transfer ke Daerah.

Pada 2023, Barito Kuala berhasil merealisasikan dana transfer ke daerah sebanyak Rp1,51 triliun atau sebesar 99,68% dari pagu anggaran. Dana tersebut terdiri dari Dana Alokasi Umum telah direalisasikan sebesar Rp552,68 miliar, Dana Bagi Hasil sebesar Rp526,71 miliar, DAK Fisik sebesar Rp92,80 miliar, DAK Nonfisik sebesar Rp178,44 miliar, Dana Desa sebesar Rp155,01 miliar, dan Insentif Fiskal sebesar Rp5,80 miliar. 

Sedangkan pada 2024 ini, Barito Kuala memeroleh pagu dana transfer ke daerah  sebesar Rp1,41 triliun belum termasuk pagu tambahan dana desa dan insentif fiskal yang akan dianggarkan pada tahun anggaran berjalan menyesuaikan kinerja dari pemerintah daerah.

Sampai dengan audiensi tersebut dilaksanakan, anggaran tersebut telah direalisasikan sebesar 13,62% atau senilai Rp192,44 miliar yang terdiri dari Dana Alokasi Umum sebesar Rp78,92 miliar, Dana Bagi Hasil sebesar Rp70,7 miliar, DAK Nonfisik sebesar Rp23,16 miliar, serta Dana Desa sebesar Rp19,65 miliar.

Tri menyebut, pelaksanaan dana transfer ke daerah Kabupaten Barito Kuala pada 2023 telah berjalan cukup baik dengan capaian yang baik pula.

“Kami harapkan pelaksanaan dana transfer ke daerah tahun ini dapat berjalan dengan lancar diikuti dengan penyerapan yang lebih baik dan optimal terutama untuk penyaluran Dana Desa dan DAK Fisik,” katanya.

Untuk menjamin kelancaran tersebut, KPPN berharap pemerintah daerah dapat segera melakukan percepatan pelaksanaan kegiatan serta menatausahakan dokumen persyaratan penyaluran dengan baik.

“Agar tidak menghambat pelaksanaan penyaluran,” ungkap Tri. 

Mujiyat, beserta Kepala BPKAD Kabupaten Barito Kuala, Wiwien Masruri, menerima dengan baik kunjungan dari KPPN Banjarmasin tersebut. 

“Kami akan mendukung penuh seluruh proses penyaluran dana transfer ke daerah pada Kabupaten Barito Kuala, tentunya dengan sinergi bersama Bapak/Ibu KPPN Banjarmasin. Yang kurang pada tahun kemarin menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan kedepannya,” ujar Mujiyat.[]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.