Abhaya

  • Whatsapp
Abhaya

Oleh: Almin Hatta

Anugerah terbesar bagi perorangan atau bangsa ialah abhaya, ketidaktakutan, bukan keberanian jasmani semata, tetapi tidak adanya ketakutan dalam alam pikiran – Jawaharlal Nehru.

Bacaan Lainnya

MAKA, anugerah terbesar dari gerakan reformasi yang dipelopori kalangan mahasiswa Indonesia puluhan tahun silam bukanlah tumbangnya pemerintahan rezim Soeharto yang sangat berkuasa selama 32 tahun. Bukan pula lengsernya Presiden Habibie yang memerintah cuma seumur jagung, atau kembalinya Presiden Gus Dur dari Istana Merdeka ke Istana Rakyat di Ciganjur. Bahkan bukan pula naiknya Megawati Soekarnoputri sebagai presiden wanita pertama di negeri kepulauan ini.

Bunga terindah dari gerakan reformasi dulu itu adalah tumbuhnya keberanian segenap anak bangsa tampil ke depan, untuk menyampaikan aspirasi dan seluruh unek-unek serta harapannya, tanpa sungkan-sungkan.

Gerakan reformasi tidak cuma sukses menyemaikan benih perlawanan terhadap kediktatoran dan penyimpangan, tapi juga berhasil membuahkan sikap peka dan kritis terhadap segenap ketidakberesan. Gerakan reformasi bahkan berhasil memanen sikap percaya diri seluruh lapisan masyarakat dari pegunungan hingga kampung nelayan di tepi lautan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *