Suara Masa Silam dari Puncak Meratus

  • Whatsapp
Suara Masa Silam dari Puncak Meratus
Unknown

Oleh : Mansyur

PENOLAKAN penambangan di Pegunungan Meratus, Kalimantan Selatan menjadi viral di media sosial sejak tahun 2020 lalu. Bahkan, tagar #savemeratus pun muncul sebagai bagian dukungan moral terhadap upaya penyelematan Pegunungan Meratus dari ancaman pertambangan emas hitam (batu bara). Dari catatan WALHI Kalsel hingga tahun 2018 setidaknya 814 lubang tambang milik 157 perusahaan tambang batubara. Aktivitas penambangan pada area pegunungan ini ditengarai juga berkontribusi pada terjadinya bencana banjir besar yang melanda hampir 11 Kabupaten di Kalimantan Selatan awal tahun 2021.

Bacaan Lainnya

 

Meratus merupakan kawasan pegunungan yang secara geografis di tenggara Pulau Kalimantan. Membentang sepanjang ± 600 km² dari Provinsi Kalimantan Selatan arah barat daya-timur laut hingga membelok ke arah utara hingga perbatasan provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Titik tertinggi di rangkaian Pegunungan Meratus adalah Gunung Halau-halau yang memiliki ketinggian 1.901 meter dari permukaan laut.

 

Dibalik ketinggiannya, Pegunungan Meratus memang menyimpan banyak misteri. Terutama berhubungan dengan catatan sejarah pegunungan dengan area terluas di Kalimantan Selatan ini. Sejak seabad lalu, sejak orang Eropa (Belanda) menjelajah pedalaman Borneo, misteri dan catatan sejarah lama menjadi tabir tidak terungkap.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *