Kalapas Banjarbaru: Satops Patnal Diharapkan Menjadi Solusi yang Efektif

Kalapas Banjarbaru: Satops Patnal Diharapkan Menjadi Solusi yang Efektif

Editor : Almin Hatta

BANJARBARU- “Bismillahirrohmanirrohim, pagi ini, Senin, 1 Maret 2021, di halaman Apel Lapas Kelas IIB Banjarbaru, saya kukuhkan saudara menjadi Anggota Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) untuk mengemban tugas sebagai pengawas dan kontrol terhadap tugas dan fungsi seluruh aspek penyelenggaraan pemasyarakatan. Yakinlah Tuhan bersama kita….pasti.”

Itulah kata-kata pengukuhan yang dibacakan oleh Pembina Apel, yaitu Kalapas Banjarbaru, Amico Balalembang, yang kemudian diikuti dengan penyematan handbage kepada 5 orang pegawai, sebagai penanda resmi dikukuhkannya Tim Satops Patnal Lapas Kelas IIB Banjarbaru tahun 2021. Bertindak sebagai Pemimpin Apel pagi itu, Kasubsi RegBimkemas, Yusuf Arifandi.

Usai kegiatan, Amico menuturkan, pembentukan dan pengukuhan Satops Patnal sangatlah penting, mengingat pelaksanaan revitalisasi dan resolusi pemasyarakatan banyak tantangan atau gangguan keamanan dan ketertiban, baik dari internal maupun eksternal.

‘’Pengukuhan ini tidak hanya sebatas seremonial semata, tapi perlu kerja nyata dengan semangat komunikatif, kompak, dan solid semua pegawai, agar tujuan pembentukan Tim Satops Patnal berjalan sesuai harapan,” ujarnya.
Lebih lanjut, Amico menjelaskan, tujuan pembentukan Tim Satops Patnal agar terlaksana pencegahan dan penindakan gangguan kamtib secara efektif, dan mampu meningkatkan serta mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat dan Warga Binaan di Lapas Kelas IIB Banjarbaru.

“Satops Patnal diharapkan menjadi solusi yang efektif terhadap semua permasalahan yang ada. Sehingga mampu mendukung Program Lapas Banjarbaru menuju wilayah bebas korupsi (WBK)/wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) tahun 2021,” tegasnya.

Usai Pengukuhan, Tim Satops Patnal dengan Koordinator terpilih, yaitu Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Nicky April W Simboh, pada apel pagi itu juga bertindak sebagai Pembaca Ikrar, secara perdana memimpin Tim Satops Patnal melaksanakan Inspeksi Mendadak ke kamar hunian Warga Binaan.[]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.