Rektor ULM Ketua Percasi Kalsel 2021-2025

Editor : Almin Hatta

BANJARMASIN – Melalui Musyawarah Provinsi (Musprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kalimantan Selatan (Kalsel), Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Prof DR H Sutarto Hadi MSi MSc terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Percasi Kalsel Periode 2021-2025.

Musprov yang dilaksanakan pada Sabtu (28/8/2021) malam ini dihadiri langsung oleh perwakilan seluruh Pengkab Percasi se-Kalsel, serta Ketua Percasi Kalsel terdahulu, M Amin, dan Sekretaris Umum KONI Kalsel, Enly Hadianor.

Menilai Musprov Percasi tahun ini, Enly menyambut baik dengan terpilihnya Rektor ULM sebagai ketua baru. Sebab, menurutnya, sejauh ini KONI melihat dedikasi Prof DR H SutartoHadi MSi MSc terhadap catur cukup besar.

“Banyak kejuaraan catur yang digelar oleh beliau. Salah satunya ULM Cup yang dilaksanakan setiap tahun, dan ini sangat memotivasi perkembangan catur di daerah ini,” ucapnya.

Namun, papar Enly, kinerja kepengurusan terdahulu sudah cukup bagus dan bekerja dengan sepenuh hati, seperti halnya banyaknya turnamen yang digelar oleh Percasi Kalsel.

“Kendati catur tahun ini tak lolos ke PON Papua, namun kita berharap apa yang sudah dijalankan bisa ditingkatkan lagi, karena sejauh ini sudah cukup bagus,” imbuhnya.

Sementara Ketua Percasi Kalsel terpilih, Prof DR H Sutarto Hadi MSi MSc, yang akan memimpin Percasi Kalsel lima tahun ke depan, berharap koordinasi dengan stageholder bisa lebih ditingkatkan.

 

Prof Sutarto menyatakan, prestasi atlet catur Kalsel nantinya akan didorong untuk lebih berprestasi. Baik di tingkat nasional maupun internasional, sebagaimana apa yang telah diraih para pendahulu pecatur Kalsel seperti Ardiansyah dan Arofah Bakhtiar dahulu.

“Kalsel bukan tak mempunyai bibit atlet yang bagus. Hanya saja ada yang perlu diupayakan, seperti menambah jam terbang untuk melatih mental serta mempersiapkan pelatih handal. Sejauh ini kita akui itu kekurangan kita di Percasi Kalsel,” katanya.

Untuk kepemimpinannya ke depan, Prof Sutarto berharap setidaknya mental atlet bisa dibentuk dengan baik. Yakni dengan sesering mungkin mengikuti pertandingan.

“Jika perlu, kita akan kembali gelar kejuaraan antar master, dimana atlet catur berkelas bisa dikumpulkan dan di sana atlet Kalsel bisa menambah ilmu serta mentalnya,” ucapnya.

Menanggapi keterpilihan Prof DR H Sutarto Hadi MSi MSc ini, M Amin merasa bahwa jalan ini sudah benar dan ia cukup bangga melepas posisinya karena Percasi bakal ditangani oleh orang hebat.

“Bisa dikatakan beliau adalah pecinta atau penggila catur sejati dalam tanda kutip, sehingga kita yakin Percasi Kalsel ke depan akan lebih baik lagi di bawah kepemimpinan beliau,” ujarnya.

Namun tetap diharapkannya, bahwa apa yang sudah dijalankan sebelumnya bisa terus dilanjutkan, sehingga program pembinaan tak terhenti.[]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.