Chicha Serahkan Trenggiling Kepada Petugas BKSDA

  • Whatsapp

Editor : Almin Hatta

TAMIYANGLAYANG – Chicha, warga Desa Matabu RT 08, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur (Bartim), menemukan seekor Trenggiling di teras rumahnya, Rabu (13/10/2021) lalu.

Bacaan Lainnya

Trenggiling ini termasuk satwa yang dilindungi. Karena itulah, Chicha yang sehari-hari bertugas sebagai Pendamping Desa di Desa Matabu, berinisiatif menghubungi pihak Kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Kalimantan Tengah (Kalteng), untuk menyerahkan hewan berjenis kelamin jantan tersebut.  

Kantor BKSDA Wilayah III Kalteng ini sebenarnya berada di Muara Teweh, Ibukota Kabupaten Barito Utara. Namun wilayah tugasnya mencakup Kabupaten Barito Timur, Barito Selatan, dan Murung Raya.

“Saya menghubungi Kantor BKSDA melalui telepon seluler, dan kemudian pegawai kantor tersebut datang ke tempat tinggal kami. Kemudian dibuatkan berita acara penyerahan satwa Trenggiling tersebut,” kata Chicha,  Jum’at (15/10/2021).

Chicha mengaku sengaja menyerahkan Trenggiling tersebut kepada pihak BKSDA, karena mengetahui bahwa hewan tersebut termasuk yang dilindungi dan sudah mulai langka. 

“Semoga satwa tersebut bisa hidup dan berkembang. Semoga satwa-satwa langka lainnya bisa terlindungi kehidupannya di alam hutan Kalimantan ini,” ujarnya.[]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *