Inginkan Payung Hukum Toleransi Masyarakat, DPRD Kalsel Belajar ke Jatim

  • Whatsapp
Inginkan Payung Hukum Toleransi Masyarakat, DPRD Kalsel Belajar ke Jatim
DPRD Kalsel saat berkunjung ke Jawa Timur, Senin (24/1/2022).(Humas DPRD Kalsel)

SURABAYA – Komisi I DPRD Kalsel melakukan kunjungan kerja ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Timur, Senin (24/1/2022).

 

Bacaan Lainnya

Kegiatan itu dilakukan terkait adanya keinginan DPRD Kalsel membuat peraturan daerah (Perda) yang mengatur toleransi kehidupan bermasyarakat.

 

Ketua Komisi I DPRD Kalsel Rahmah Norlias menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur telah memiliki perda untuk menjaga toleransi di sana, yakni Perda nomor 8 tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Toleransi Kehidupan Bermasyarakat.

 

“Perda di Jatim ini sangat menarik sekali,” tukas Rahmah.

 

Menurutnya, perda milik Jatim itu komplit, mengatur tentang toleransi bermasyarakat, beragama, pengamalan Pancasila, dan juga menjadi payung hukum bagi Badan Kesbangpol setempat untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

 

Kepala Badan Kesbangpol Jatim R Heru Wahono Santoso menjelaskan, Perda nomor 8 tahun 2018 itu memperkuat NKRI. Apalagi menurutnya, Jatim merupakan provinsi yang masyarakatnya majemuk dan heterogen.

 

Dijelaskannya, tujuan perda itu sendiri untuk memelihara kehidupan masyarakat yang rukun, aman, tentram, damai, dan sejahtera. “Serta untuk mencegah perkembangan intoleransi dan terjadinya konflik,” ujarnya.[]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.