KONI Balangan Diminta Hidupkan Kembali Event Olahraga Hingga ke Desa

PARINGIN – Pemerintah Kabupaten Balangan memberi PR kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Balangan untuk bisa menembus 10 besar pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalsel mendatang.

Bupati Kabupaten Balangan, H Abdul Hadi, juga meminta agar KONI beserta Cabang Olahraga (Cabor) yang berada di bawahnya menghidupkan kembali event-event olahraga sehingga meriah sampai ke pelosok-pelosok desa.

Bacaan Lainnya

Masalah PR ini disampaikan langsung oleh Ketua KONI Balangan periode 2022-2026, Syamsudinnoor, saat ditemui langsung oleh Komunitas Wartawan Sanggam (KOWAS), Kamis (12/5/2022).

“Hari ini KONI diberikan PR besar oleh Bupati Balangan, untuk menembus 10 besar pada Porprov XI Tahun 2022 Kalsel yang akan digelar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan tahun ini,” kata pria yang akrab disapa Pembakal Sudi ini.

Bukan hanya perihal capaian Porprov dalam waktu yang sangat singkat tersebut, PR besar juga diberikan agar Banua Sanggam kembali meriah oleh event-event olahraga yang melibatkan masyarakat hingga ke desa-desa.

“Dalam hal ini tentu kita (KONI, red) diajak untuk mengenang kembali kegiatan olahraga di jaman Bumi Sanggam masih berada di era Kecamatan Paringin, di bawah kabupaten induk Hulu Sungai Utara, sebelum memisahkan diri dan berdiri sendiri sebagai Kabupaten Balangan, dimana kemeriahan event olahraga setiap tahun bergulir dan mampu memunculkan atlet-atlet lokal berbakat,” tuturnya.

Untuk menerjemahkan PR tersebut, papar Pembakal Sudi, maka mulai hari ini sebagai langkah awal pihak segera menyurati semua Cabor untuk duduk bersama. Mulai dari melakukan evaluasi masing-masing Cabor, kemudian terkait kesiapan atlet di masing-masing Cabor dalam menghadapi Porprov Kalsel. Juga menginventarisir aset, sarana, dan prasarana KONI dan Cabor, dan hal lainnya.

“Terkait rencana jangka panjang, yakni memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat hingga ke desa-desa, maka KONI dan Cabor nantinya akan berkoordinasi serta berkolaborasi dengan pemerintahan di desa,” ucapnya.

Untuk diketahui, Syamsudinnor terpilih sebagai Ketua KONI Balangan secara aklamasi. Dimana untuk menghidupkan kembali kemeriahan pesta olahraga, dari 36 pengurus Cabor di Kabupaten Balangan, 33 diantaranya sepakat menandatangani berita acara persetujuan hasil musyawarah KONI Kabupaten Balangan. 

Salah satu diantaranya ialah menetapkan Syamsudinnor sebagai Ketua Umum KONI Kabupaten Balangan Periode 2022-2026.

 

“KONI akan terus melakukan kontrol dan pengawasan kepada Cabor-Cabor, agar jangan sampai sepi event. Serta jangan sampai tidak sehat atau kekurangan dana kegiatan. Untuk itu kita berharap agar masing-masing Cabor terus melibatkan KONI, guna melaksanakan event-event olahraga,” tambahnya.

“Sehingga tercipta kerjasama untuk memajukan olahraga. Tidak dapat dipungkiri bahwa event olahraga merupakan salah satu ajang promosi daerah, wisata, dan bahkan peningkatan ekonomi masyarakat,” imbuhnya.[]

 

Editor : Almin Hatta

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.