Tanbu Dapat Kunjungan DPRD Kukar

BATULICIN – Dinas Kesehatan Tanah Bumbu (Tanbu) menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (10/05/2022).

Sebelum ke Dinas Kesehatan, rombongan DPRD Kukar terlebih dulu diterima oleh Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar, di kantornya.

Bacaan Lainnya

Tujuan Kunker dilaksanakan sebagai bagian dari Studi Komparasi yang efektif membangun kerjasama antara dua belah pihak, guna  bersinergi memperbaiki sistem dan tata kelola pelayanan di masyarakat.

Tanbu sendiri memang tersohor sebagai kabupaten berprestasi dalam penanganan dan penanggulangan pandemi Covid-19 tahun ini.

Sinergitas dan bahu-membahu antara semua pihak yang telah ikut berperan dalam mengatasi problematika pandemi Covid-19 di Bumi Bersujud menuai tepuk tangan dari berbagai kalangan.

Berhasil menaiki posisi status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di level 1 adalah hal yang disyukuri Kabupaten Tanbu.

Kepala Dinas Kesehatan Tanbu, H Setia Budi, menjelaskan, Kunker ini meliputi berbagai pembahasan terkait sinergi antara eksekutif dan legislatif di Tanbu dalam pendampingan program kerja pelayanan kesehatan masyarakat, khususnya yang ditangani oleh Dinkes Tanbu.

“Pihak DPRD Kukar berupaya menyerap berbagai aspirasi atau pokok pikiran yang dilakukan pihak Dinkes Tanbu dalam mencakupi kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan seperti pelayanan BPJS,” katanya.

Selain itu, papar H Setia Budi, dalam pertemuan itu juga dibahas tentang pengelolaan dan penyerapan Dana Alokasi Khusus, bagaimana penerapan regulasi pemerintah pada pelayanan masyarakat desa terpencil maupun Sistem Pelayanan Medis yang tepat guna.

“Kunjungan ini pun sangat banyak manfaatnya, termasuk dalam hal ini Kabupaten Tanah Bumbu menjadi percontohan kinerja yang bagus untuk kabupaten lain,” ujarnya.

Tak henti di sana, pembahasan merambah pada pembangunan infrastruktur jalur kesehatan, pemanfaatan SDM dan peningkatan kualitas SDM tenaga kesehatan, pemanfaatan SDM Non Medis yang diarahkan sesuai kearifan lokal, regulasi pengangkatan tenanga kesehatan sesuai kebijakan pemerintah yang berlaku.

Baharuddin selaku Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara yang terlibat membidangi Kesejahteraan Masyarakat menyampaikan rasa terimakasihnya karena kedatangannya berserta rombongannya berjumlah 5 orang, disambut baik oleh pihak Pemkab Tanbu.

Dengan adanya kunjungan kali ini, Baharuddin mengaku mendapatkan nilai positif yang bisa diadopsi dan akan dibawa pulang ke Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Kunjungan ini berkaitan dengan bidang kesehatan, ada beberapa hal yang coba kami sharing (membagikan). Pertama; terkait peningkatan SDM tenaga medis kita. Kedua; terkait permasalahan yang ada di perbatasan tentang identitas masyarakat maupun sistem pelayanan medis yang bisa dinaungi oleh Dinas Kesehatan setempat,” ungkapnya.

Sebelum menutup kunjungannya, Baharuddin berharap jalinan silaturrahimi antara Pemkab Tanbu dengan DPRD Kukar terus terjalin secara baik.(win)

 

Editor : Almin Hatta

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.