Dinas PUPR Bartim Sudah Merehab 720 Rumah Warga

TAMIYANGLAYANG – Selama tiga tahun, yakni pada rentang 2018-2020, Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Bartim), melalui  Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR), sudah merehap sebanyak 720 buah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik warga.

Kepala Dinas PUPR Bartim, Yumail J Paladuk, melalui Kabid Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Supian Affendi, mengatakan, 720 rumah yang direhap tersebut tersebar di 10 kecamatan yang ada di Bartim.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, selama 3 tahun ini sudah banyak rumah warga yang tidak layak huni yang sudah berhasil kita rehap,” ujarnya, ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (11/5/2022).

Supian menjelaskan, rehabilitasi rumah tersebut merupakan program dari Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang dibiayai dari APBN.

“Dananya dari pusat, kita dari Perkim hanya mengusulkan dan mengawasi pelaksanaanya saja,” ujarnya.

Supian menambahkan, rumah tidak layani huni yang dimaksud adalah rumah yang atapnya bocor, dindingnya lapuk, dan lantainya rusak, atau yang disebut Aladin.

“Yang direhap hanyalah atap, dinding, dan lantai, yang lainya tidak. Kecuali swadaya warga saja yang ingin memperbaiki yang lainya,” ucapnya.

Diungkapkan Supian, tahun 2021 dan 2022 ini sebenarnya pihaknya sudah mengusulkan lagi perehapan rumah. Namun informasi yang didapat, sekarang tidak ada kuota untuk Kalimantan Tengah (Kalteng).

“Dua tahun terakhir ini di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Kalteng tidak ada program BSPS. Semoga saja tahun 2023 nanti akan ada lagi,” pungkasnya.[]

 

Editor : Almin Hatta

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.