Nelwan Adrius Imbau Masyarakat Cegah Virus Hepatitis Akut

TAMIYANGLAYANG – Kepala UPT Puskesmas Ampah, Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur (Bartim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Nelwan Adrius Skep, mengimbau masyarakat untuk bersama-sama berupaya mencegah Hepatitis Akut yang belakangan ini merebak di mana-mana.

“Belum lagi kita selesai melewati pendemi Covid-19, kini muncul kasus Hapatitis Akut,” katanya, Rabu (11/5/2022).

Bacaan Lainnya

Menurut Nelwan Adrius,  Hepatitis Akut sebenarnya ada jenis A, B, C, D, dan E. 

“Hepatitis menjadi penyebab virus. Tapi untuk Hepatitis Akut berat yang muncul saat ini, penyebab pastinya belum diketahui,” ujarnya.

Nelwan menjelaskan, penularan Hepatitis Akut ini melalui oral. Kemudian masuk melalui saluran pencernaan bersamaan dengan makanan dan minuman.

“Hepatitis Akut ini rentan menyerang anak usia 6- 16 tahun, namun bisa juga anak yang berusia 2 tahun,” ujarnya.

Untuk pencegahannya, papar Nelwan, adalah memberikan edukasi kepada masyarakat. Kemudian tiap keluarga memberikan edukasi kepada anak-anak untuk melakukan pencegahan.

“Diantaranya cuci tangan, makan makanan yang sudah dimasak, bersih dan terjaga. Intinya, jangan makan sembarangan. Hindari kontak erat, jaga jarak, karena kita tidak tahu apakah sesorang terkena virus itu,” ucapnya. 

Indikasinya, lanjut Nelwan, ada keluhan atau ada gejala mual-mual, diare, demam. Tahap lanjut matanya kuning, warna darah pucat seperti jengkol. Lalu, bisa kejang-kejang, dan yang lebih parah bisa mendatangkan kematian. Jadi, perlu diwaspadai gejala awal seperti diare, mual, demam ringan, pusing.

“Kalau ada gejala seperti itu, segera dibawa ke Puskesmas terdekat atau pelayanan kesehatan,” tuturnya.

“Intinya tangani segera, jangan sampai ke tahap yang berat. Maka dari itu, kita imbau kepada masyarakat agar tetap melaksanakan Prokes. Kita juga nantinya akan berkoordanasi dengan lintas sektor kecamatan, untuk penerapan pencegahan Hapatitis Akut di lingkungan masyarakat,” imbuhnya.[]

 

Editor : Almin Hatta

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.