Kalsel Dapat WTP Lagi, Ada Sejumlah Catatan

  • Whatsapp

BANJARMASIN – Sejumlah hal masih menjadi catatan bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) meski Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) nya untuk Tahun Anggaran 2021 telah mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Penyerahan hasil pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) itu dilakukan dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel, Kamis (19/5) di Banjarmasin.

Salah satu yang menjadi catatan adalah soal aset. Meski demikian, Ketua DPRD Kalsel Supian HK mengaku bersyukur. Sebab, ini menurutnya sudah lebih baik dari sebelumnya.

“Persoalan aset daerah sudah berkurang dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Raihan WTP ini bagi Kalsel sudah yang kesembilan kalinya. 

“Semoga WTP dapat dipertahankan. Namun dibarengi dengan peningkatan lainnya seperti Sumber Daya Manusia,” kata Supian lagi.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengaku akan segera menindaklanjuti temuan atau rekomendasi BPK terhadap LHP LKPD tersebut.

Disampaikannya juga, dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kalsel 2021,penetapan Pendapatan Daerah Rp6,727 triliun lebih, terealisasi Rp6,623 triliun lebih atau mencapai 98,44 persen. Sedangkan penetapan Belanja Daerah Tahun 2021 Rp6,964 triliun lebih, terealisasi Rp6,432 triliun lebih.

Sementara Sekda Prov Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan, dalam rapat dengan BPK RI ada catatan bagi pemerintah kalsel yakni terkait Kemiskinan dan akan menjadi evaluasi.

“Kita akan berkoordinasi dengan kabupaten/kota dan mengoptimalkan,” pungkasnya.[]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.