Desa Maragut Kucurkan Rp52 Juta Untuk Modal BUMDes Mart

  • Whatsapp

TAMIYANGLAYANG – Pemerintah Desa Maragut, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur (Bartim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), menganggarkan Dana Bagi Hasil Pajak (DBHP) sekitar Rp52 juta untuk modal Badan Usaha Milik Desa Mart (BUMDes Mart) bersama 16 desa di wilayah Dusun Timur.

“Selain Desa Maragut, desa lainnya yang termasuk wilayah Kecamatan Dusun Timur juga ada yang masukkan dana permodalan untuk BUMDes Mart ini. Ada yang Rp200 juta, Rp150 juta, Rp70 juta. Serta Desa Maragut sekitar Rp52 juta itu,” kata Kepala Desa Maragut, Selamat, pekan kemarin.

 

Menurut Selamat, 16 desa di Kecamatan Dusun Timur telah bersepakat memasukkan DBHP untuk modal bersama BUMDes Mart ini.

“Saya selaku kepala desa tidak tahu persis apa permasalahan yang ada BUMDes Mart bersama ini. Padahal anggaran dana sudah dibelanjakan kurang lebih Rp300 juta untuk beli barang ke Banjarmasin,” ujarnya.

Selamat membeberkan, rencananya semua barang yang sudah dibeli diharapkan bisa terjual habis. Hasilnya (dananya) kemudian dikembalikan ke 16 desa tadi.

Sejauh ini, lanjut Selamat, hasil penjualan barang itu baru sekitar Rp50 juta. Jadi masih banyak barang yang belum laku.

“Berkaitan dengan masalah BUMDes Mart ini, Pemerintah Desa Maragut sekarang belum bisa mencairkan dana ADD dan DD, karena pihak kecamatan tidak bersedia menandatangani rekomendasinya,” tutur Selamat.[]

Editor : Almin Hatta

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.