BPN Bartim Targetkan Selesaikan Sertifikat 2.374 Bidang Tanah Milik Warga

  • Whatsapp

TAMIYANGLAYANG – Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur (Bartim), melalui Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Bartim, untuk tahun 2022 ini menargetkan menyelesaikan sertifikat 2.374 bidang tanah milik masyarakat .

Untuk itu, Kepala BPN Bartim, Handra Aledo Royke Pioh, berharap kepada seluruh warga Bartim yang memiliki tanah namun belum bersertifikat, agar segera mendaftar ke kantor desa setempat. 

“Tanah atau lahan milik warga kita upayakan  tersahkan dengan bukti kepemilikan berupa sertifikat. Bagi warga yang belum memiliki sertifikat tanah, silahkan mendaftarkan tanahnya ke kantor desa setempat, agar kita masukkan ke dalam Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL),” katanya saat ditemui wartawan di kantornya, pekan lalu. 

Menurut Handra Aledo, untuk tahun 2022 ini BPN Bartim dapat kuota pengukuran sebanyak 2.374 bidang tanah warga.

“Karena itu, manfaatkanlah Program PTSL ini,” ucapnya.

Handra Aledo menegaskan, pihaknya sedapat mungkin mengupayakan untuk mencapai target pengukuran tanah sesuai kuota tersebut.

“Upaya sertifikasi tanah ini juga kita lakukan dengan mengimbau masyarakat untuk mendukung Program PTSL ini melalui spanduk-spanduk yang kita pasang di kecamatan dan desa-desa. Kita juga menyampaikan imbauan secara langsung kepada masyarakat,” ujarnya.

Handra memaparkan, untuk Program PTSL tahun 2022 ini, pengukuran dimulai pada Oktober lalu hingga Desember nanti. 

“Walau pun hanya 3 bulan, petugas kita tetap optimis untuk mencapai target tersebut,” tuturnya.

Handra mengakui, jumlah petugas lapangan untuk pengukuran ini masih kurang. Karena itu, ia berharap pada tahun 2023 nanti ada penambahan.

“Karena pekerjaan BPN cukup banyak dan harus terjun ke lapangan, untuk bertemu langsung dengan masyarakat,” katanya.[] 

Editor : Almin Hatta

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.