Bupati Ampera Berikan Penghargaan kepada OPD Kabupaten Bartim

TAMIYANGLAYANG – Bupati Ampera AY Mebas menyerahkan piagam penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemenang lomba inovasi perangkat daerah Kabupaten Barito Timur (Bartim) Tahun 2023.

Kegiatan yang dilaksakan di Aula Bappedalitbang Bartim pada Kamis (14/9/2023) tersebut dihadiri Sekda Bartim, Panahan Moetar, para Kepala OPD Kabupaten Bartim, serta sejumlah undangan lainnya.

Bupati Ampera dalam sambutannya menyampaikan, sesuai PP Nomor 38 Tahun 2017 pasal 22 ayat (1) dan (2) tentang inovasi daerah, ditegaskan bahwa kepala daerah melaporkan inovasi daerah kepada Mendagri, yang kemudian melakukan penilaian inovasi daerah berdasarkan laporan dari Kepala Daerah. 

“Terhadap hasil penilaian inovasi daerah tersebut, maka diberi penghargaan atau insentif kepada Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Bupati Ampera menjelaskan, lomba inovasi daerah ini bertujuan untuk menjaring inovasi daerah yang dimiliki OPD di Kabupaten Bartim yang akan masuk ke Innovative Government Award (IGA).

Bupati juga menjelaskan, PP Nomor 38 Tahun 2017 mengamanatkan agar melakukan penilaian terhadap inovasi daerah, untuk dilaporkan ke pemerintah pusat. Sehingga Pemkab Bartim perlu meningkatkan kinerjanya, dengan melaksanakan inovasi daerah.

“Untuk mencapai tujuan itu, diharapkan OPD dan seluruh stakeholders pembangunan berupaya membantu Kepala Daerah dalam pencapaian kinerja untuk melaksanakan inovasi daerah,” harapnya.

Bupati Ampera menuturkan, inovasi daerah yang dilaksanakan Pemkab Bartim ini adalah sebagai bentuk pembaruan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Tujuannya untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah, dengan sasaran mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan, dan peran serta masyarakat. Serta peningkatan daya saing daerah,” tuturnya.

Bupati berharap, melalui lomba inovasi OPD Kabupaten Bartim Tahun 2023 ini, nantinya akan lebih banyak lagi inovasi-inovasi yang berbasis ilmu dan teknologi dari perangkat daerah lainnya.

“Hal ini guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik yang berbasis teknologi,” ujarnya.[]

 

Gazali Rahman 15/9/ 2023. (zi/jp).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.