Bansos Kembali Disalurkan, Warga Mengucapkan Terima Kasih

Editor : Almim Hatta

TAMIYNAGLAYANG – Salah satu warga Desa Netampin, Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur (Bartim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), yang terdaftar dalam Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bansos Program BPNT, secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah.

Warga tersebut bernama Arbayah, ibu rumah tangga, termasuk salah satu dari KPM Bansos dari Kementerian Sosial (Kamensos), program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), berupa sembako lengkap keperluan rumah tangga. 

Setelah menerima sembako dari agen Mandiri Toko Dedy, Arbaiyah mengucapan terimaksih kepada pemerintah yang sudah membantu melalui program tersebut.

“Saya punya anak satu masih sekolah SD kelas III dan suami sudah meninggal,” katanya, Minggu (18/7/2021) kemarin.   

Sementara itu, Kepala Dinas Pembardayaan Masyarakat Desa dan Sosial (DPMDSos ) Bartim, Ir Bernusa, melalui Septa Yuliani selaku petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kecamatan Dusun Tengah, mengatakan, untuk hari ini Minggu 18 Juli 2021 kemarin pemerintah kembali menyalurkan Bansos melalui program BPNT dan PKH (Program Keluarga Harapan), kepada KPM yang tersebar di beberapa desa dan satu kelurahan di wilayah Kecamatan Dusteng. 

“Adapun bagi warga masyarakat yang menerima bansos BPNT berupa sembako, untuk  wilayah Kecamatan Dusun Tengah ada 401 KPM. Tapi sebanyak 83 orang KPM belum menerima bantuan tersebut, karena belum mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Untuk mereka yang belum menerima KKS ini, mungkin pada tanggal 26 Juli 2021 akan dibagikan kartu tersebut,” ucapnya.

Penyaluran atau pengambilan Bansos BPNT dan PKH ini dilakukan di 3 Agen Toko sembako yang bekerjasama dengan pihak Bank Mandiri.

“Bantuan yang diterima KPM ini dari bulan Juli hingga Agustus, dengan senilai Rp400.000,” tutur Septa. “Nanti menyusul KPM yang baru, 83 orang KPM itu, pada tanggal 26 Juli ini,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Tuty selaku Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), menyampaikan, untuk penerima Bansos PKH ada 10 orang KPM yang menerima bantuan tahap 3 untuk tahun 2021.

“Sedangkan untuk 75 orang KPM, untuk dananya belum keluar. Kapan dana tersebut keluarnya? Untuk sementara ini menunggu BNBA dari Bank Mandiri yang nantinya menyaluran sisanya tersebut,” ujarnya.

Kepada keluarga yang belum dapat bantuan tersebut, Tuty berharap agar bersabar menunggu giliran selanjutnya.

Di sisi lain, salah satu KPM penerima bantuan sosial program BPNT, yakni Upik, menyatakan senang dapat bantuan dari pemerintah.

Untuk itu, Upik mengucapan terima kasih kepada Tuty yang sudah mendampingi pengambilan bantuan tersebut. 

“Saya akan tetap memakai masker, menuruti saran Ibu Tutty, untuk kebaikan juga, untuk menjaga diri saya dari penularan Covid-19,” pungkasnya.[]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.