Tanbu Terima Penyerahan Aset Negara dari Kementerian PUPR 

Tanbu Terima Penyerahan Aset Negara dari Kementerian PUPR 

Editor : Almin Hatta

BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) secara resmi menerima penyerahan barang milik negara dari Kementerian PUPR, berupa pendukung pengelolaan sarana air bersih.

Penyerahan ini ditandai dengan penandatangan antara Bupati Tanbu, dr HM Zairullah Azhar, dengan pihak Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan (Kalsel), di ruang kerja Bupati Tanbu, Selasa (14/09/2021).

Menurut Kepala BPPW Kalsel, Darjad, penyerahan barang milik negara dari Kementerian PUPR kepada Pemerintah Kabupaten Tanbu ini untuk pekerjaan Sektor Air Minum.

Darjad menjelaskan, barang Sektor Air Minum tersebut terdiri dari 6 paket, dengan total nilai hampir Rp17 milyar, yang merupakan perolehan tahun 2006 sampai 2019.

“Kegiatannya lebih banyak kepada fasilitas untuk air bersih, dan sudah terbangun serta telah difungsikan,” terangnya.

Darjad menyebutkan, barang yang berasal dari tahun tahun 2006 tersebut berupa Instalasi Pengolah Air (IPA) kapasitas 20 liter per detik, berlolasi di kawasan Batulicin, dan sudah berfungsi.

Kemudian yang di tahun 2007, juga berupa IPA dengan kapasitas 10 liter per detik. Kini sudah pula difungsikan. Lalu tahun 2010, juga berupa IPA kapasitas 20 liter per detik di kawasan Kecamatan Simpang Empat, serta IPA 20 liter per detik di kawasan Kecamatan Batulicin pada tahun 2006.

“Sertga rehabilitasi pipa JPU untuk Kabupaten Tanbu tahun perolehan 2010. Serta  jaringan pipa SPAM IKK Batulicin Gunung Tinggi tahun 2019, dan total perolehan semua adalah Rp17 milyar,” ujarnya.

Darjad menambahkan, dari proses semua ini, sebelum masuk ke Kementerian PUPR, maka harus masuk ke Kementerian Keuangan terlebih dahulu, dan ini secara bertahap.

“Dan nanti akan ada lagi beberapa paket lainnya yang harus diserahkan dari Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR kepada Pemerintah Kabupaten Tanbu. Di tahun 2021 ini masih ada beberapa paket yang sedang dalam pengerjaan. Kalau sudah selesai, akan kami serahkan,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala PUPR Kabupatn Tanbu, Subhansyah MT, mengungkapkan, dengan adanya paket hibah ini maka PUPR Tanbu sangat berterima kasih kepada pihak Balai PPW Kalsel. Dimana  tiap tahun Kabupaten Tanbu terus mendapatkan bantuan hibah tersebut.

“Alhamdulillah, kita dapat bantuan terus dari pihak Balai PPW, dan kita harus bersinergi dengan Balai PPW ini. Apa yang sudah diberikan dari pihak balai ini sudah bermanfaat bagi masyarakat,” tutupnya.(win )

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.