Ibnu Sina Saksikan Langsung Ada Jalan di Adhyaksa III Mampet Akibat Tumpukan Sampah

BANJARMASIN – Tepat di belakang gedung Legiun Veteran RI Banjarmasin, ternyata ada jalan tembus yang dulunya biasa digunakan warga Jalan Adhyaksa III untuk keluar masuk. Kini, jalan itu mampet oleh tumpukan barang bekas.

Menurut keterangan warga setempat, seorang pengusaha menggunakan wilayah tersebut untuk keperluan usahanya; mengumpulkan barang bekas untuk dijual ke luar daerah. Parahnya, tumpukan barang bekas dan sampah itu memakan jalan yang diklaim warga sebagai fasilitas umum.

“Masalah ini sudah puluhan tahun,” ucap salah satu warga Jalan Adhyaksa III Riza F, Ahad (2/1/2022) pagi.

Warga setempat tidak hanya mempersoalkan jalan yang tertutup itu, tetapi juga masalah limbah. Disebutkan, ada limbah Bahan Berbahaya Beracun (B3) yang diduga mencemari lingkungan sekitar.

“Sampah ini, limbah, bukan limbah biasa, juga ada B3 seperti aki,” ujar Riza.

Pagi itu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina kebetulan sedang ada kegiatan di Masjid Hasanuddin Majedi, tak jauh dari Jalan Adhyaksa III. Warga setempat pun memanfaatkan kesempatan tersebut untuk mengadukan masalah ini langsung ke orang nomor satu di Kota Seribu Sungai. Warga ingin segera mendapatkan solusi.

“Pengaduan ke kelurahan dan kecamatan sudah berulang kali kami lakukan, tapi belum ada tindakan,” kata Riza.

Ibnu Sina pun berjalan kaki dari Masjid Hasanuddin Majedi meninjau lokasi tersebut. Setelah mendengar penjelasan warga, dia berkeliling kawasan tersebut. Meski tak ada aktivitas saat itu di tempat tersebut, Ibnu Sina melihat langsung tumpukan sampah ternyata juga merambah ke halaman belakang gedung Legiun Veteran Banjarmasin.

“Menurut saya tidak layak di Kota Banjarmasin ada jalan (kondisinya) seperti itu,” ujar Ibnu Sina.

Ibnu Sina pun bilang masalah ini harus segera diatasi. “Harus jelas peruntukannya, apalagi di situ ada gudang, dan aktivitasnya juga pakai alat berat,” imbuhnya.[]

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.