Erto Inginkan Desa Dayu Maju Mandiri

TAMIYANGLAYANG – Pemerintah Desa Dayu, Kecamatan Karusen Janang, Kabupaten Barito Timur (Bartim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), berharap Desa Dayu nantinya bisa menjadi desa maju yang mandiri.

“Dengan adanya pelatihan Indeks Desa Membangun (IDM), saya kira harapan tersebut nantinya bisa kita raih,” kata Pj Kepala Desa Dayu, Erto, Rabu (11/5/2022).

Bacaan Lainnya

Meski statusnya hanya pejabat Kepala Desa Dayu, Erto menegaskan tekadnya untuk membangun Desa Dayu sebaik mungkin.

“Tekad saya untuk membawa Desa Dayu menjadi desa maju dan mandiri ini sama dengan tekad Kepala Desa Dayu definitif. Sebab, saya sendiri termasuk warga Desa Dayu,” ujarnya.

Dengan adanya IDM, papar Erto, maka pihaknya akan mengawali tekad tersebut dengan melakukan pembangunan sarana fisik.

“Melalui pembangunan jalan usaha tani, BUMDes, akan berdampak pada peningkatkan pendapatan masyarakat,” ucapnya.

Di sisi lain, lanjut Erto, pihaknya juga terus berupaya  meningkatkan SDM Desa Dayu.

“Salah satu yang termasuk kita programkan adalah pelatihan. Mulai dari bidang usaha kecil dan menengah, dan bidang lainnya. Peningkatkan pola hidup lebih baik, serta meningkatkan perekonomian dan kemasyarakatan. Dengan harapan, semua itu dapat menekan angka kemiskinan,” tegasnya.

Menurut Erto, kalau semua program tersebut dapat berjalan dengan baik, maka langkah menuju desa maju mandiri akan segera terwujud.

“Keinginan kita bersama juga menyiapkan hasil desa melalui BUMDes, serta melalui plasma desa bisa menambah penghasilan desa. Plasma itu akan kita benahi, agar betul-betul bisa tercapai penghasilan Desa Dayu. Tentu, kita terus lakukan kerjasama dengan pihak perusahan PT SGM dan PT KSL. Mereka pihak perusahaan juga sependapat untuk pencapaian desa mandiri. Selain itu, kita buka lokasi wisata yang nantinya didukung oleh pihak perusahan setempat. Seperti membuka wisata danau. Usaha wisata itu nantinya bisa memperkerjakan warga setempat, serta bisa membuka peluang usaha lainnya,” tuturnya.[]

 

Editor : Almin Hatta

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.