BPBD Balangan Luncurkan Si Jari Tangguh

  • Whatsapp

PARINGIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan meluncurkan Sistem Jejaring Rescue Tanggap dan Kokoh (Si Jari Tangguh) dan serah terima anggota TRC di delapan kecamatan, Rabu (28/9/2022), di Aula Inspektorat Kabupaten Balangan.

Hal tersebut sebagai salah satu sistem upaya untuk meminimalisir keterlambatan informasi dalam merespon atau kecepatan anggota tiba di lokasi, sehingga tidak hanya terfokus di kabupaten kota saja.

“Melalui program Si Jari Tangguh ini, maka setiap kecamatan sudah memiliki personel TRC-nya masing-masing. Sehingga bisa cepat tanggap apabila terjadi hal darurat, terutama soal kebencanaan,” kata Kepala Pelaksana BPBD Balangan H. Rahmi.

Lebih lanjut ia menjelaskan, jumlah personel TRC yang ditugaskan di kecamatan keseluruhan berjumlah 40 orang yang terbagi di 8 kecamatan. Setiap kecamatan ada 5 anggota TRC yang ditempatkan. “Untuk pembinaan terhadap anggota dan juga peralatan atau logistik, kita backup dari kabupaten,” ucapnya.

Ia berharap kepada anggota yang ditempatkan di kecamatan untuk melaksanakan tugas yang telah diamanahkan dalam rangka menyelamatkan kemanusiaan terhadap bencana.

“Semoga anggota TRC di Kecamatan dapat melaksanakan tugasnya dengan maksimal penuh pengabdian, karena ini adalah tugas mulia kemanusiaan,” tutupnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.