Fordayak Demo PT ISA, Tuntut Hak Pemilik Lahan

TAMIYANGLAYANG – Forum Pemuda Dayak (Fordayak) Kabupaten Barito Timur (Bartim), Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), bersama Pasukan Garda Relawan Fordayak, melakukan demo terhadap PT Indopenta Sejahtera Abadi (PT ISA).

Demo ini menuntut hak atas lahan milik H Suprianyoto (H Toto) di wilayah Kecamatan Paju Epat, Kabupaten Bartim, Kamis (16/3/2023).

Demo ini merupakan lanjutan pendampingan terhadap H Toto, waktu mediasi bersama pihak terkait di Aula Kantor Kecamatan Paju Epat, Kabupaten Bartim, Selasa 28 Februari 2023 kemarin. Tuntutan lahan hak milik H Toto ini dikuasakan kepada Ketua Fordayak Bartim, Rafi Hidayatulah.

Kepada wartawan Maknanews, Rafi Hidayatulah menyampaikan bahwa permasalahan ini belum bisa diselesaikan, karena pihak manajemen PT ISA belum menjawab atau belum bisa mengambil keputusan.

“Karena itu kami selaku penerima kuasa tetap menahan atau menutup wilayah kawasan areal lahan yang dikuasakan kepada kami,” ujarnya.

“Hingga saat ini pihak perusahaan belum ngasih jawaban. Kami selaku pihak penuntut bersikukuh agar permasalahan ini dapat diselesaikan secara beradab dan bermartabat, supaya ada solusi,” imbuhnya.

Rafi menegaskan, Fordayak sampai turun ke lapangan ini memberi gambaran bahwa pihaknya sudah melakukan mediasi dan lainnya, namun dari pihak PT ISA belum terlihat adanya upaya untuk memberikan keputusan terbaik.

“Harapan kami, pihak mereka, PT ISA, ada keputusan dalam waktu segera. Karena ini sudah melibatkan organisasi. Kami tentu saja tetap menjaga kamtibmas wilayah Bartim. Harapan kami, segera selesaikan pemasalahan ini,” pungkasnya.[]

Editor : Almin Hatta

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.