Wattpad, Platform yang Memicu Minat Baca Remaja Putri

  • Whatsapp
ilustrasi

MUNGKIN sudah terlalu basi untuk membicarakan pandemi. Namun, bagaimanapun status pandemi masih belum dicabut oleh pemerintah. Maka, kami pikir tidak ada salahnya untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan pandemi secara tidak langsung. Nadiem pernah berkata bahwa pandemi memang mengambil banyak hal dari kita, tetapi juga memberi kita banyak hal.

Indonesia menjadi negara berkembang yang masyarakatnya tengah memiliki minat baca yang rendah. Budaya gemar membaca yang rendah ini merupakan satu hal yang acapkali memprihatinkan bangsa ini. Keadaan ini dipicu oleh terbatasnya pengenalan buku sejak dini dan banyak anak yang lebih dibiasakan untuk menonton TV dan gawai. Maka dari itu, sebagian besar masyarakat Indonesia lebih tertarik dengan sumber informasi atau media baca yang didengar dan melihat tampilan bergerak.

Berkenaan dengan itu, kami pikir cukup adil ketika kemudian pandemi secara tidak langsung memberi ruang bagi para remaja untuk menghabiskan waktunya di dunia digital. Aktivitas masyarakat yang dibatasi pandemi melahirkan kegiatan-kegiatan yang pada akhirnya berkutat pada dunia digital sebagai alternatif hiburan. Salah satu hiburan yang mencuat adalah membaca wattpad khususnya bagi remaja putri. Wattpad merupakan sebuah platform yang memungkinkan penggunannya untuk membaca atau mengirimkan karya dalam bentuk artikel, cerita pendek, novel, puisi, atau sejenisnya.

Berdasarkan riset NOP World Culture Index Score taraf minat baca masyarakat di Indonesia meningkat meskipun tingkat rata-rata membaca tetap, yaitu enam jam per minggu sehingga menduduki peringkat ke-17. Situs bacaan online Wattpad memiliki pengunjung dari Indonesia sebesar 6,9% dan menempati posisi kedua setelah pengunjung dari Amerika dengan persentase 10,7% (Estina Waty Lubis, n.d.). Pada Play Store aplikasi Wattpad menduduki posisi ketiga sebagai aplikasi terpopuler dalam kategori buku dan referensi dengan jumlah unduhan pengguna sebanyak 100 juta lebih. Data ini menunjukan bahwa situs maupun aplikasi bacaan daring Wattpad cukup berimbas dalam peningkatan minat baca masyarakat di Indonesia, khususnya remaja putri.

Hal ini cukup menarik untuk dibahas, betapa tidak pandemi yang bagi sebagian orang berdampak buruk bagi kehidupan ternyata masih memberi kita satu hal baik. Peningkatan minat baca ini dinilai mampu menambah kemampuan kognitif masyarakat. Selain itu, pada platform ini pengguna juga bisa mengirimkan karyanya untuk dibaca oleh publik, sehingga hal ini juga mampu memicu semangat menghasilkan karya yang baik, karena terdapat banyak hal yang lebih menyenangkan ketimbang bermain game online.

Penyusun: Muhammad Supiyanor, Nadya Katarina Firdaus, Nur Khairina, Zahrah Nabilah Andivo Wahyudi

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.